BEDEBAR

Info Unik dan Fakta Unik

LightBlog

Breaking

Sabtu, 23 Juli 2016

7 Ikan Monster Laut Dalam Yang Masih Hidup Sampai Sekarang

7 ikan monster laut yang masih hidup sampai sekarang. Jutaan bahkan miliaran jenis ikan hidup di lautan. Kebanyakan manusia mengenal berbagai jenis ikan hanya sebatas di laut mediteran atau laut atas. Taukah kalian bahwa di laut dalam banyak sekali ikan-ikan unik dan aneh yang masih hidup sampai sekarang. Berikut beberapa ikan makhluk dalam yang terlihat sangat keren dan unik.


viper fish
1. Viper Fish
Memiliki nama lain Mesopelagic, ikan Viper ini dapat ditemukan di kedalaman 80-1600 meter. Ikan ini tidak memiliki warna kulit, terlihat tembus pandang dan organya menyala karena proses yang disebut bioluminescence. Mulutnya yang lebar berguna untuk menelan secara utuh ikan yang menjadi mangsanya, bahkan ikan yang lebih besar dari badanya sekalipun, hal ini dimungkinkan karena perutnya bersifat elastir sehingga dapat mengembang. Selain itu ikan Viper memiliki mata yang besar untuk mengumpulkan cahaya sebanyak mungkin di dalam kondisi yang minim cahaya atau bahkan tanpa cahaya sekalipun.


fangtooth fish
2. Fangtooth Fish
Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki gigi besar tajam seperti monster. Dikenal juga dengan nama Anoplogaster Cornuta. Fangtooth fish memiliki tubuh pendek dengan kepala lebih besar dari tubuhnya, berukuran hanya sampai 6 inci dan dapat di temukan di lautan tropikal di kedalaman 16.000 kaki.


dragon fish
3. Dragon Fish
Mempunyai nama latin Grammatostomias Flagellibarba, memiliki semacam belalai menyala untuk menarik mangsa yang berada sekitarnya. Dibagian sekitar perutnya juga terdapat bagian menyala yang digunakan unuk memberi tanda kepada ikan Dragonfish lain selama musim kawin. Ikan ini hidup di kedalaman 5000 kaki 


angler fish

4. Angler Fish
Dikenal juga dengan nama Melanocetus Johnsoni, penampilanya sekilas menyeramkan karena tubuhnya berbentuk bulat mirip bola basket dan memiliki mulut lebar dan bertaring panjang. Ciri Ikan ini juga memiliki semacam organ lampu yang berfungsi menarik mangsa disekitarnya. Angler Fish ditemukan dikedalaman 3000 kaki.


gulper eel fish

5. Gulper Eel Fish
Dikenal juga dengan nama Eurypharynx Pelecanoides, sering diartikan juga sebagai belut. Belut gulper jauh berbeda daripada kebanyakan spesies belut lain, sirip dan dadanya sangat kecil dan hampir tidak ada. Memiliki mulut lebar dan bentuk badan yang elastis, belut ini juga memangsa ikan lain yang bahkan lebih besar dari tubuhnya. Ikan ini dapat tumbuh sampai panjang 2-6 kaki dan ditemukan di kedalaman 3000-6000 kaki.


giant isopod

6. Giant Isopod
Hewan air yang satu ini masih memiliki hubungan dengan udang dan kepiting. Pertama kali diketahui keberadaanya pada tahun 1879 oleh zoologist Prancis bernama Alphonse Mine-Edwards. Isopod raksasa biasa ditemui di laut dengan kedalaman 170 m hingga 2140 m dengan suhu sekitar 4 drajat celcius.


vampir squid

7. Vampir Squid 
Cumi-cumi vampir dari neraka, inilah julukan iklan ini. Walaupun bentuk dan julukanya terlihat mengerikan, ternyata ikan ini hanya memakan sisa-sisa makanan dari binatang yang berserakan di dasar laut. Ikan ini sangat unik karena mampu mematikan dirinya sendiri (bunuh diri) ketika terancam. 

Baca juga : 7 hewan abadi yang hidup di dunia ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar