BEDEBAR

Info Unik dan Fakta Unik

LightBlog

Breaking

Senin, 23 Januari 2017

Pedang Zulfikar, Pedang Legenda Peninggalan Rosulullah SAW


Siapa yang tidak kenal salah satu pedang legendaris ini, hampir semua ummat islam mengenali pedang ini. Pedang Zulfikar diketahui dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW dan diberikan kepada Ali Bin Abi Thalib yang pada waktu itu menjadi salah satu ksatria islam yang paling ditakuti. Pedang ini diberikan kepada Ali karena pedang Ali patah di medan perang. Kombinasi ketegasan dan kuatnya Ali Bin abi Thalib ditambah pedang Zulfikar pemberian Rosulullah membuat pasukan islam khususnya pimpinan Ali Bin Abi Thalib kala itu benar-benar ditakuti musuh.

Tidak ada yang tahu pasti sejarahnya dari mana Rosulullah memiliki pedang Zulfikar ini, namun salah satu pendapat megatakan kalau pedang Zulfikar adalah peninggalan nabi Daud AS yang jatuh ke tangan nabi Muhammad, sementara riwayat lain mengatakan pedang ini hasil rampasan rosulullah saat perang badar. Terlepas dari semua teori darimana pedang legendaris ini berasal, namun yang pasti pedang ini benar-benar istimewa.

Pedang ini benar-benar istimewa, selain dikenal karena kehebatanya pedang ini juga dikenal karena bentuknya yang sangat unik. Bentuk pedang Zulfikar panjang melengkung dengan ujung yang terbelah dua dan terdapat tulisan arab di badan pedang, sarungnya terbuat dari logam sepuh berwarna keemasan. Tidak diketahui juga kenapa bentuk pedang Zulfikar melengkung dan bercabang seperti itu. Namun ada teori yang menyatakan kalau lengkungan dan cabang ini memiliki tujuan khusus. Alasan ujungnya bercabang hal ini agar bisa membuat penggunanya melakukan manuver khusus dengan ujung yang terbelah tadi. Entah untuk mencongkel sesuatu atau apapun yang dilakukannya. Sampai sekarang tidak ada yang mampu membuat pedang yang sama seperti Zulfikar, artinya pedang ini benar-benar legenda karena hanya ada satu di dunia. Salah satu keistimewaan yang lain pedang Zulfikar bisa membelah batu keras hanya dalam satu tebasan saja.



“Tidak ada pedang setajam pedang Zulfikar dan tidak ada pemuda yang tangguh setangguh Ali bin abi Thalib”. Kalimat inilah yang selalu di elu-elu kan prajurit-prajurit islam ketika dipimpin Ali. Saat perang badar berkecamuk, korban yang meninggal dari kaum Quraisy berjumlah 70 orang dan kaum Quraishy menderita kekalahan. Dikatakan setengah dari 70 korban yang meninggal karena tebasan pedang Zulfikar Ali bin Abu Thalib.

Sampai sekarang belum diketahui dimana keberadaan pedang ini. Setelah Ali bin Abi Thalib meninggal, pedang Zulfikar diwariskan kepada putranya Husain. Namun setelah Husain meninggal pedang ini menghilang entah kemana. Inilah alsannya kenapa pedang Zulfikar masuk dalam jajaran pedang misterius dan pedang legenda. Ada beberapa pedang legenda yang tersebar di dunia, dan salah satunya pedang Zulfikar ini.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar